Sabtu,  14  Desember  2019 |  WIB Selamat Datang di Pengadilan Negeri Kelas 1A Pekanbaru, Jl.Teratai No.85 Sukajadi, Pekanbaru Telp. 0761-22573 e-mail : admin@pn-pekanbaru.go.id - LAYANAN PRIMA, PUTUSAN BERKUALITAS.
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Pekanbaru
Jl. Teratai No. 85 Sukajadi, Pekanbaru-Riau, Indonesia


SOSIALISASI ECOURT - ELITIGASI PADA PENGADILAN NEGERI PEKANBARU







Kamis, 21-11-2019 | 09:48:32 WIB




Pekanbaru-admin. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Pekanbaru pada hari Kamis, tanggal 14 November 2019 dilaksanakan acara Sosialisasi pelaksanaan eLitigasi atau Sidang Elektronik pada aplikasi eCourt. Sosialisasi ini dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru Bapak Saut Maruli Tua Pasaribu, SH.MH didampingi oleh Panitera Bapak Eddy Sangapta Sinuhaji, SH. MH serta diikuti oleh para Hakim, Panitera Pengganti dan jurusita/jurusita pengganti Pengadilan Negeri Pekanbaru.
 
Bapak Saut Pasaribu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari kebijakan MA yang tertuang dalam Perma No. 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik tertanggal 29 Maret 2018 dan digantikan dengan Peraturan Makamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 yang diluncurkan bersamaan dengan launching e-litigasi pada Agustus 2019 lalu. “Tujuannya memberikan pemahaman kepada seluruh unit kerja tentang teknis penerapan e-court dan e-litigasi di Pengadilan Negeri Pekanbaru, sehingga jika dimungkinkan penerapannya akan dipercepat akhir tahun ini dapat dimulai,”

Selanjutnya Bapak Saut mengungkapkan, E-court ini terdiri dari beberapa komponen aplikasi seperti e-registrasi atau e-filing, terkait dengan pembayaran melalui non tunai, virtual account, melalui registrasi e-payment, setelah diverifikasi dan diakui kemudian muncul nomor register perkara.

“Dengan adanya e-court ini untuk memperlancar proses administrasi dan pelayanan peradilan bagi pencari keadilan. Sebab, selama ini untuk mendaftarkan perkara setiap pemohon/penggugat atau diwakili advokat harus datang ke pengadilan”,ucapnya.

Dalam sosialisasi tersebut, menghadirkan May Hendri Rachmad, S.Kom. M.Kom sebagai Tim TI. diawali dengan membuka sistem e-court yang bisa diakses melalui situs resmi ecourt.makamahagung.go.id.

“Melalui situs ini sekarang baik pengguna dari Pengadilan baik penggugat maupun tergugat ataupun intervensi sekarang bisa membuka situs tersebut”. Dia menjelaskan Melalaui e-court ini sekarang advokat maupun non advokat dapat mendaftarkan perkaranya di e-court ini, sedang perbedaannya adalah untuk advokat waktu mendaftar harus tervalidasi oleh pengadilan tingkat banding dimana dia disumpah.
 
“Sedangkan Untuk pengguna lain ketika mau mendaftar perkara secara elektronik, dia harus datang ke Pengadilan setempat untuk didaftarkan akunnya dan divalidasi oleh Pengadilan”,

Kegiatan berjalan dengan baik sampai selesai, dan harapannya adalah kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan 1 (satu) kali tapi dapat diselenggarakan kembali sampai peserta benar-benar memahami dan dapat melaksanakan apa yang menjadi target pelatihan yaitu implementasi eLitigasi pada Pengadilan Negeri Pekanbaru Kelas 1A.

 

INFORMASI CEPAT